Wisata Kuliner di Solo, Wajib Mampir Ke Soto Trisakti yang Legendaris

Kuliner Solo soto trisakti (foto : emmaeryanti)

Sahabat KuLo jika kita membahas soal Soto di Indonesia memang tak akan ada habisnya, pasalnya masakan satu ini memang salah satu makanan kegemaran sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan setia daerah memiliki cita rasa khasnya masing-masing. Meski begitu tetap saja selalu ada keunikan yang bisa di ulas dari masing-masing masakan soto dari berbagai derah. Salah satunya adalah yang berasal dari kota Solo. Di solo ciri khas dari sotonya memiliki kuah yang bening dengan rasa yang gurih, salah satu yang menjadi legenda adalah kuliner Solo Soto Trisakti. Penasaran ? yuk simak ulasan MinLo Maya Nirmala Sari berikut ini.

Berawal dari Lokasi Pertunjukan  Ketoprak Srikaton

Dirintis oleh Ahmad Dikromo sejak tahun 1960-an, rupanya kuliner Solo Soto Trisakti ini bisa dibilang melegenda karena tetap bisa bertahan hingga puluhan tahun. Di awal kemunculannya, hanya berupa warung tenda yang ada di lokasi gedung pertunjukan ketoprak “Srikaton”.

Namun karena tergerus perkembangan jaman, ketoprak mulai ditinggalkan penontonnya sehingga gedung tersebut beralih fungsi menjadi Bioskop Trisakti. Tempat makan ini lalu bergeser dan menempel pada tembok luar bioskop dari tahun 1976 hingga awal 1990-an, ketika masa kejayaan bioskop ini telah habis Pak Ahmad memutuskan untuk pindah ke sebelah gedung. Namun nama Soto Trisakti sudah terlanjur melekat di benak para pelanggan, jadilah kuliner solo Soto Trisakti terus eksis hingga sekarang.


Soto Trisakti terkenal karena citarasa yang istimewa, berbeda dengan soto daging lainnya disini meskipun pembuatan kuahnya menggunakan bagian kaki sapi dengan tambahan sedikit lemak tetapi kuahnya tetap saja bening. Disajikan dengan tauge dan potongan daun seledri makin nikmat dengan irisan daging sapi yang empuk dan begitu terasa bumbu dan rempah-rempahnya. Atau jika ingin merasakan sesuatu yang berbeda Shabat KuLo bisa menambahkan lauk empal daging yang dimasak bacem.

Kuliner Solo Soto Trisakti (foto : Solo.ngangeni)


Lokasi Dan Harga Kuliner Solo Soto Trisakti

Meski menu utama kuliner Solo Soto Trisakti hanya soto, tapi jika Sahabat KuLo bertandang kemari bisa juga memesan beragam makanan ringan yang tersedia. Sebut saja Kue sus, lemper, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan datang terlalu pagi jika ingin mencicipi pilihan lauk dan jajanan yang lengkap. Tak hanya lauk dan jajanan yang beragam kuliner Solo Soto Trisakti juga menyediakan pilihan menu minuman yang cukup beragam, ada es soda gembira, es jeruk, es susu dan lain-lain.


Kuliner Solo Soto Trisakti memang telah melegenda, mampu bertahan ditengah maraknya tempat makan dengan konsep kekinian. Meski terbilang masih sederhana namun tempat makan yang berlokasi di jl. Kalilarang No 61, Solo ini cukup bersih dan rapi. Berada di belakang Masjid Fatimah dan satu area dengan Oleh-oleh Era Jaya, Soto Trisakti beroperasi setiap hari dari jam 06.00 pagi hingga pukul 14.00 siang saja. Hal ini dikarenakan harganya yang terbilang murah hanya  Rp 14.000 saja untuk seporsi  soto juga tambahan harga untuk lauk dan minumannya yang beragam, serta kelezatannya yang telah melegenda membuat Soto Trisakti selalu ludes di serbu pembeli.


Kuliner Solo Soto Trisakti (foto : kulinersoloenak)

MinLo paling suka jika menikmati kehangatan soto saat cuaca dingin atau saat sedang kurang enak badan, kandungan rempah pada kuah soto bisa menambahsemangat dan juga menghangatkan badan. Soto trisakti salah satu tempat menikmati soto yang MinLo rekomendasikan untuk Sahabat KuLo semua. Jadi Sahabat KuLo ingin menikmati kelezatan Kuliner Solo Soto Trisakti  yang melegenda kapan?

24 komentar:

  1. Dulu ke Solo ngga sempet kemana2 huhuhuhu, trus minggu depan suami ke Solo aku ngga bisa ikut karena banyak kerjaan :( itu sate telor menul2 kok menggoda banget!! pake soto + sambelnya duh glegh

    BalasHapus
  2. Cooocooookkkk.... Tau aja aku mau ke Solo! Makasih ya tipsnya

    BalasHapus
  3. Soto memang comfort food, makanya banyak sekali variannya.. Di Semarang juga banyak banget penjual Soto dimana2, Apalagi kalau makannya pakai sate2an, duhh, jadi ngiler :D

    BalasHapus
  4. Aku suka banget makan soto beginian pakae tempe garit dan sate telur puyuhnya, yumm yumm. Jadi pengen pulang kampung :). Nanti kalau ke Solo coba aku cari soto ini deh :)

    BalasHapus
  5. Heem...yummy bangrt keliatannya tuh soto bening solo, sueger makannya nasi pulen dan kriuk2 emping.

    BalasHapus
  6. Hampir sama harganya. Kalau di Sidoarjo sini soto ayam sekitar 12 rb, sedamgkan soto daging sekutar 14 rb. Saya tuh suka nambah banyak koya, terbuat dari bawnag putih dan kerupuk yg dihaluskan ... Rasanya makin mantap. Btw...ini saya Artha Amalia, pakai HP suami komennya. Hehe

    BalasHapus
  7. Baru tahu tentang Soto Trisakti.
    Biasanya aku cuma tahu Universitas Trisakti.
    Muahahaha. kagak nyambung banget yak.

    Kalau aku menyantap soto, pasti pakai topping bawang merah dan perasan jeruk nipis, sedikit sambal dan kecap manis.

    Hmmm... membayangkannya saja sudah menerbitkan selera, hahaha...

    Salam
    annarosannadotcom

    Catatan:
    Sekedar saran mba, untuk kolom komentar tolong ditambah kolom Name/URL biar kita bisa nitip link.

    BalasHapus
  8. Aku sediih pas ke Solo nggak sempat mampir dan makan makanan enak ini. Mmh doakan dong bisa ke Solo karena ini enak banget dan aku sukaa. Sotonya kliatan segar

    BalasHapus
  9. Waduh, enak banget ini disantap panas-panas. Ditambah sambel yang banyak, udah deh, makin nyooos. Dan itu, telor yang ditusuk-tusuknya enaaaak kayaknya. :D

    BalasHapus
  10. Hampir seminggu sekali ke Solo tapi belum kesampaian untuk jelajah kuliner di sana. Aselinya ya pengen banget dan semoga suatu saat kesampaian utk menikmati aneka kuliner maknyus di Solo

    BalasHapus
  11. Aku selalu suka soto dan berkesan makan soto di Solo waktu balik ke Wonogiri. Murah dan rasanya enak. Gimana yg ini ya mbaaa.. kayaknya legend dan rasanya uenaaak. Apalagi minum es jeruuuk dan tambahan lauk lainnya.. aduh ๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  12. Kuliner solo yang ditulis diatas enak semua. Waktu saya ke solo pernah pula mencicipi. Bikin kangen solo jadinya. untungnya di Serpong dekat tempat tinggal saya ada beberapa resto yang luasnya adalah kuliner jadi kalau kangen solo tinggal datang ke tempat itu ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  13. Dan aku jadi lapar lihat penampakan soto dan baca ulasannya...
    Tiap mudik aku mampir Solo dulu karena adik suami tinggal di dekat Pasar Klewer. Mesti ngajakin ke Soto Trisakti yang legendaris ini dah nanti

    BalasHapus
  14. Wah aku bulan depan mau ke Solo ini nengkin adek yang lagi kuliah disana, biasanya aku makan nasi kucing doang, tapi pas tau ini bisa nih dicoba, enak banget keliatannya

    BalasHapus
  15. wah, dulu waktu ke Solo belum sempat nyicip. Sate paru dan telur puyuhnya menggoda banget, di cocol sama sambelnya mantap tuh.
    Tuh, kan saya jadi laper lagi ini

    BalasHapus
  16. Aku suka Soto, tapi belum ke Solo. Kalau next kesampean main ke Solo boleh nih mampir

    BalasHapus
  17. Wah aku kemaren waktu ke Solo kok ya gak cobain soto trisaksi ini yaaa.. :(

    Cobain soto solo sih, tapi di CFDan gitu mba

    BalasHapus
  18. Pagi2 baca soto jadi lapeerr :D
    Aku penggemar soto mbak, biasanya enak buat sarapan atau makan malam :D
    Tapi blm pernah nyobain soto SOlo kyk apa ya? Apakah manis atau lbh ke gurih :D
    Noted namanya Soto Trisakti yaa. Harganya murmer pula :D

    BalasHapus
  19. Itu 14 ribu sotonya aja atau gimana mba? Kalau udah komplit dengan aneka lauk ya murce yaaa... Kenyang dan bergizi nih sotonya pakai daging sapi.

    BalasHapus
  20. Keluarga saya sering ke solo, dan wisata kuliner yang paling sering kami nikmati salah satunya sotonya. Kelezatannya memang susah dilupakan, jadi kangen sama rasa sotonya.

    BalasHapus
  21. Cucoook~
    Menunya lengkap yaa...beneran si soto gak sendirian.
    karena yang sendirian itu gak asik.
    Hehheh~

    Ada sate paru ituu...bikin ngileerr~

    BalasHapus
  22. Aaaakkkkk... telat baca blognya nih padahal kemarin dari Solo dan gak nyobain kuliner yang satu ini. Kayaknya memang harus mengagendakan kembali ke Solo nih.

    BalasHapus
  23. Eh aku udah beberapa kali ke Solo terakhir kmrn ngine di Pose In hotel Solo. Tapi malah belum nyicipin soto ini

    BalasHapus
  24. Sedapnyaaaa. Pengen banget nyobain soto trisakti ini. Di sekitar tempatku nggak ada yang benar-benar enak euy. Jadi susah mau rekomendasikan ke orang-orang juga.

    BalasHapus

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.