Es Dawet Selasih Bu Dermi yang Legendaris di Solo


Es Dawet Selasih Bu Dermi Pasar Gede


Di Kota Solo tersedia berbagai kuliner yang lezat. Yang harganya bisa dibilang cukup miring. Berbagai macam makanan bisa kamu temukan di Kota Kelahiran Pak Jokowi ini. Sebut saja tengkleng, itu lho kuliner semacam soto yang bahan utamanya terbuat dari daging kambing. Kuliner lainnya, ada juga sate buntel. Sate ini memang pembuatannya dibuntel, sedangkan rasanya bikin kamu terbuntel-buntel, alias pingin nambah terus, kalau kamu makan sate ini.

Kalau minumannya sendiri jangan ditanya. Minuman yang ada di Solo juga nikmat-nikmat. Salah satu minuman yang nikmat banget yaitu Es Dawet Selasih Solo. Letak tempat wisata kuliner Dawet Selasih Bu Dermi sendiri cukup strategis. Lokasinya berada di Dalam Pasar Gede Solo. Mengatasi suasana Kota Solo yang panasnya bukan main. Menikmati kuliner Dawet Selasih Bu Darmi cocok banget, untuk menghilangkan cuaca yang panas itu.

Es Dawet Selasih Bu Dermi Solo (foto : arfazulfadhli )


Dawet Selasih Bu Dermi Sudah Buka Sejak 1930

Dikutip dari laman Kompas.com, dawet Selasih Bu Dermi ternyata sudah lama beroperasi. Dawet ini sendiri sudah ada sebelum Indonesia tercinta merdeka, yang kira-kira beroperasi mulai dari 1930-an.

Karena tahun operasionalnya yang sudah sangat lama. Es Dawet Selasih Bu Dermi sendiri menjadi salah satu kedai dawet tertua yang ada di Solo. Usia yang begitu amat tua ini, membuat cita rasa dawet yang ada di tempat iini bercita rasa klasik banget.

Untuk menjaga cita rasa enak, yang maksimal. Regenerasi kepemilikan dan pengelolaan kedai dawet ini diturunkan ke anak cucunya. Di era sekarang, dawet Selasih Bu Dermi sendiri dikelola oleh Rut Tulus Subekti, atau akrab dipanggil bu Uut.

Bu Uut, Generasi ke-3 Es Dawet Selasih Bu Dermi (foto : Cumilebay )

Dari zaman pertama berdiri, hingga sekarang, kedai dawet Selasih Bu Darmi sendiri tetap mempertahankan ciri khasnya yang sederhana. Itulah mengapa kedai dawet terlihat berukuran kecil, temptinya juga agak sedikit tersembunyi, karena letaknya yang nylungsep di dalam Pasar Gede.

Kendati tempatnya yang bisa dibilang kecil, jangan salah. Es Dawet Selasih Solo Bu Dermi menjadi kedai dawet paling laris yang ada di Kota Solo. Bahkan Presiden Jokowi, juga tercatat sering mampir ke tempat wisata kuliner ini.

Es Dawet Selasih Bu Dermi (foto : brigittaveggy )

Dulu ketika Presiden Jokowi masih menjadi Walikota Solo, bahkan Pak Jokowi sendiri rela ngantri, dan meminum kuliner dawet ini sambil berdiri, karena tidak dapat tempat duduk. Mendengar Pak Jokowi pernah datang ke tempat ini saja kita sudah bisa menebak-nebak, kalau kuliner Es Dawet Selasih Solo ini memang enak banget.

Kalau kita lihat-lihat. Kuliner dawet yang ada di tempat ini, emang sedikit berbeda. Dawet Bu Dermi dilengkapi dengan taping berupa tape ketan, jenang sumsum, dan ada tambahan ketan hitamnya. Adanya tambahan tersebut, membuat Dawet Bu Dermi jadi terasa khas, lain dari yang lain. Untuk mencicipi kuliner dawet yang lezat ini. Kocek yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Kamu tinggal mengeluarkan uang sebesar 8 ribu rupiah saja, murah banget kan, ya.

Es Dawet Selasih Bu Dermi Solo (foto : nyonyokecil)

Makannya segera kamu datang ke tempat wisata kuliner ini saja deh. Lokasi wisata kuliner dawet Selasih Bu Darmi sendiri berada dalam Pasar Gede Solo, di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya yang masih berada di pusat kota, membuat tempat wisata kuliner ini, bisa kamu jangkau dengan mudah.

Pasar Gede Hardjonegoro, Solo, Jawa Tengah (foto : Cumilebay )

Editor : Maya Nirmala Sari
Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama