Soto Gerabah, Kuliner Solo Cita Rasa Istimewa

Kuliner Solo Soto Gerabah (foto : Travelingyuk)

Hai-hai Sahabat KuLo, siapa yang tidak pernah mencicipi soto? Semua orang di Indonesia hampir pasti pernah mencicipi kuliner yang satu ini. Bahkan di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas soto yang berbeda beda, sebut saja soto padang, soto betawi, soto madura dan masih banyak lagi macam-macam soto yang ada di Indonesia. Namun ada yang berbeda dari kuliner Solo Soto Gerabah yang satu ini. Apa yang berbeda? Yuk simak ulasan MinLo berikut ini.

Disajikan Peralatan Makan Tradisional

Keunikan kuliner Solo Soto Gerabah ada dari cara penyajiannya yang tidak biasa, jika umumnya soto disajikan dalam piring atau mangkuk dari keramik atau kaca disini sotonya disajikan dalam peralatan makan yang terbuat dari gerabah. Tidak hanya mangkuk dan piring bahkan sendoknyapun terbuat dari tembikar. Hal ini bukan tanpa alasan, soto yang disajikan dalam peralatan makan tradisional ini menghasilkan citarasa yang berbeda dibandingkan jika disajikan dengan piring atau mangkuk keramik biasa, kuah soto yang disajikan dengan mangkuk dari gerabah memiliki citarasa yang lebih gurih dan juga sedap aromanya pun sangat menggugah selera.
Kuliner Solo Soto Gerabah (foto : Travelingyuk)

Perawatan Khusus Peralatan Makan

Kuliner Solo Soto Gerabah. Lebih istimewa karena tak hanya disajikan menggunakan gerabah, seluruh alat masaknyapun menggunakan gerabah, mulai dari panci untuk memasak soto, kuali, centong dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena peralatan tradisional yang unik maka membutuhkan perawatan yang tidak boleh asal-asalan. Setelah digunakan, peralatan masak  dan makan tradisional ini harus segera dibersihkan dan dicuci, lalu dikeringkan. Karena jika peralatannya tidak dirawat dengan baik maka akan mempengaruhi citarasa asli dari sotonya yang akan ikut berubah.
Seporsi kuliner Solo Soto Gerabah memiliki isian yang beragam, layaknya soto pada umumnya yang terdiri dari nasi, suwiran ayam, bihun tambahan jeruk nipis kecap dan sambal. Lalu disiram dengan kuah bening yang memiliki aroma bawang putih yang pekat. Tak lupa tambahan tempe goreng yang renyah dan gurih menjadikan Soto Gerabah memiliki citarasa lezat yang unik. Makin komplit bila disajikan dengan teh poci yang menyegarkan.
Tak hanya soto ada juga beberapa lauk pendamping yang bisa kamu pilih, selain tempe goreng yang garing dan renyah, ada juga sate usus, sate telur puyuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Menikmati kuliner Solo Soto Gerabah kurang lengkap jika tak ditemani dengan minuman Teh Poci yang khas. Tak heran jika tempat makan yang satu ini bisa dibilang hampir tak pernah sepi dari pengunjung.
Kuliner Solo Soto Gerabah (foto : Travelingyuk)

Berkonsep Tradisional Jawa

Sahabat KuLo yang ingin mencoba citarasa istimewa dari kuliner Solo Soto Gerabah, bisa langsung bertandang ke tempat makan yang berada di jl. Prof. Dr. Soepomo No 57 berada tepat di sebelah Omah Lawas. Atau jika masih bingung Sahabat KuLo bisa menggunakan Google Map untuk menuju lokasi. Disana Sahabat KuLo tidak akan kesulitan karena Soto Gerabah mengusung tema bernuansa Jawa yang kental, meski begitu Kamu tak perlu khawatir jika bertandang kemari akan menghabiskan dana besar. Pasalnya semangguk Soto Gerabah hanya dibandrol seharga Rp 10.000, murah meriah bukan?
Kuliner Solo Soto Gerabah merupakan salah satu kuliner khas Nusantara yang layak dicicipi, citarasa khas dan penyajian yang unik membuat sensasi makan yang berbeda. Jika Kamu ke Solo jangan lupa untuk mampir kemari ya.

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama