Ayam Goreng Mbah Karto yang Legendaris di Sukoharjo


Ayam goreng tentu menu yang tidak asing lagi bagi Sahabat KuLo, menu ini seolah dapat ditemui dimanapun di seluruh Indonesia. Namun jika ada warung makan dengan menu ayam goreng yang mampu bertahan hingga puluhan tahun tentu ada sesuatu yang istimewa dari menu tersebut. Yuk simak ulasan dari MinLo seperti apa sih warung makan yang sudah berusia setengah abad ini.

Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo (foto : irmahartono_mc)

Warung Legendaris di Sukoharjo

Ayam Goreng Mbah Karto Sukoharjo, begitu julukan yang disematkan orang-orang pada warung makan sederhana yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung R Suprapto, Jombor, Kota Sukoharjo ini. Desain bangunan rumah joglo khas Jawa menempati tanah yang tak terlalu luas, bagian dalamnya diisi dengan deretan kursi dan meja yang terlihat jadul.

Meski sederhana rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1960-an hingga saat ini. Bukan waktu yang sebentar untuk dapat bersaing dengan rumah makan besar yang banyak bermunculan saat ini. Pada dindingnya yang juga tampak jadul  dihiasi dengan ornamen sederhana, tetapi ada yang menarik diantara ornamen itu bergantung dengan rapi beberapa foto President mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi yang konon merupakan salah satu langganan warung legendaris ini.


Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo (foto : shirleypermatasari31)

Sajian Sederhana dengan Cita Rasa Istimewa

Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo memang tempat makan sederhana, tak hanya sederhana dari tempat dan bangunannya, bahkan menu yang disajikanpun tak kalah sederhana hanya sajian ayam berupa dada, kepala, paha, sayap, kepala, rempelo ati yang disajikan bersama sepiring nasi.

Namun tentu saja sajian sederhana itu memiliki keunikan tersendiri sehingga bisa memikat banyak orang untuk tetap setia datang menyantap hidangan di sini. Rahasianya ada pada cita rasa ayamnya yang gurih, di racik dengan bumbu rahasia dan diproses sedemikian rupa sehingga meresap hingga bagian daging terdalam. Untuk menjaga citarasa warung ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo hanya memilih ayam jenis tertentu untuk diolah sebagai sajiannya, yaitu ayam kampung kemanggang yang berusia sekitar empat hingga 6 bulan, pastinya dagingnya empuk dan bumbunya meresap pas banget kan?


Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo (foto : vonnylie19)

Selain Ayam, kamu juga bisa memesan menu lain di warung ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo ini.  Menu lain seperti tahu, tempe atau urap bisa juga Kamu pesan meski tidak tertulis dalam menu, disajikan dengan sambal pelengkap yaitu sambal blondho yang sangat unik. Sambal blondho pedas dan unik karena terbuat dari endapan santan yang dicampur dengan cabai, gula merah, serta bumbu yang dimasak hingga kecoklatan. Menghasilkan citarasa yang istimewa tidak seperti sambal lain yang didominasi rasa pedas, sambal blondho ini lebih didominasi rasa gurih dan asin.

Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo (foto : fennywijanarko)

Makan ayam goreng pedas dengan nasi hangat kurang pas jika tidak di barengi dengan minuman segar, namun di warung ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo ini memilih minuman tradisional sebagai pendamping menu ayam gorengnya, coba saja beberapa pilihan minuman tradisional seperti beras kencur, kunyit asam, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu pesan dengan tambahan es agar lebih menyegarkan.


Selain citarasa nya yang tetap terjaga meski saat ini dikelola oleh generasi kedua salah satu alasan mengapa warung ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo ini selalu digemari oleh orang adalah harganya yang cukup terjangkau, tergantung dari apa yang kita pesan, untuk dua orang siapkan saja 60.000 hingga 100.000 Kamu sudah bisa menikmati aneka menu pilihan di sini lengkap dengan menu tambahan dan juga minuman tradisional yang menyegarkan.

Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo (foto : ernapramasari)

Tak heran jika warung makan ini begitu termasyur dan kerap menjadi langganan banyak keluarga pejabat, salah satunya keluarga Presiden Jokowi. Jadi Sahabat KuLo kapan mampir ke sini? Jangan lupa colekin MinLo ya.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.