5 Kuliner Legendaris Wonogiri yang Wajib Kamu Coba


 

Bertandang ke Wonogiri Sahabat KuLo lebih memilih berwisata kuliner atau mengunjungi wisata alam? Kalau menurut MinLo sih Kamu tetap bisa kok menikmati keduanya, karena di Wonogiri Kamu bisa dengan mudah menjumpai keduanya dengan mudah. Puas berkeliling menikmati wisata alam, melepas lelah sambil mengisi perut yang kosong di tempat wisata kuliner Wonogiri Legendaris.

1. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ayam Panggang Mbok Tiyem, Kuliner Legendaris Wonogiri (foto : sam_kuliner)

Jika Sahabat KuLo pecinta kuliner ayam panggang atau ayam goreng, MinLo mengajak Kamu mampir ke Desa Sambi, Jatisrono, Wonogiri. Mencicipi Ayam Panggang Mbok Tiyem yang telah melegenda, telah berdiri sejak 1960 kuliner Wonogiri Legendaris ini masih tetap mempertahankan citarasanya yang tidak berubah sejak dulu. Meski kini pengelolanya bukan Mbok Tiyem melainkan sang anak yang bernama Sri Wahyuni, namun kelezatannya masih tetap terjaga dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Terbukti dengan masih ramai dan tersohornya Depot Ayam Panggang Mbok Tiyem.

2. Rumah Makan Alami Sayang

Rumah Makan Alami Sayang, Kuliner Legendaris Wonogiri (foto : solopos.com)

Trancam merupakan masakan khas Jawa Tengah, dengan bumbu dan rempah yang khas bercampur dengan parutan kelapa muda. Di Wonogiri ada sebuah rumah makan yang menyediakan menu khas Jawa Tengah mulai dari trancam hingga pepes menjadi menu andalannya. Yang membuat unik dari rumah makan ini adalah panggilan yang diberikan kepada pengunjung, jangan kaget jika Sahabat KuLo mampir kemari Sahabat KuLo akan di sapa dengan panggilan sayang. Kuliner Wonogiri legendaris yang satu ini lokasi tepatnya berada di Jl. Wonogiri-Ngadirojo km 6, Desa Ngadirojo Kidul.

3. Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur

Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur
Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur ( Foto: Solopos.com/Rudi Hartono )

Sahabat KuLo pasti tak asing jika mendengar nama Waduk Gajah Mungkur, namun MinLo kali ini ingin mengajak Sahabat Kulo untuk menikmati sajian khas Wader Goreng di sekitar Waduk Gajah Mungkur. Wader adalah sejenis ikan kecil yang mudah ditemukan di sungai, rasanya gurih ketika di goreng umumnya digoreng dengan tepung. Disajikan dengan nasi hangat dan juga sambel yang pedas, MinLo jamin sahabat KuLo semua akan ketagihan menyantap sajian sederhana sambil menikmati keindahan alam sekitar Waduk Gajah Mungkur. Oh ya MinLo sampai lupa untuk menikmati seporsi ikan wader goreng, Sahabat KuLo cukup menyediakan uang sebesar 7000 rupiah saja, wah murah banget ya.

4. Pindang Kambing

Pindang Kambing Kuliner Legendaris Wonogiri (foto : kania Chelsea)

Kuliner Wonogiri legendaris berikutnya yang bakalan MinLo bahas yaitu Pindang Kambing yang terkenal di daerah Ngadirejo. Olahan daging kambing yang satu ini terbuat dari tepung dengan tambahan kikil dan jeroan kambing. Semakin terasa nikmat karena disajikan dan dibungkus dengan menggunakan daun jati. Pindang kambing umumnya dijadikan lauk sebagai pendamping nasi, tetapi sering juga dimakan secara langsung juga enak.

5. Bakso Titoti

Bakso Titoti (foto : Travelingyuk)

Jika dari tadi MinLo membahas tentang tempat makan yanag menyajikan makanan khas daerah, tempat makan terakhir yang MinLo bahas kali ini menyajikan menu yang sudah cukup terkenal di seluruh Indonesia. Yups Sahabat KuLo pasti sudah tahu kan makanan yang satu ini, Bakso. Tapi Bakso Titoti bukan sembarang bakso, tempat kuliner Wonogiri legendaris yang satu ini muncul pertama kali di tahun 1987 dan hingga saat ini masih tetap setia menyajikan bakso yang enak. Hal ini terbukti dari pengunjung yang tak pernah sepi berdatangan ke warung yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman Kecamatan Giritirto, Wonogiri. Bahkan bakso Titoti sudah membuka cabang yang tersebar di seluruh Pulau Jawa.

Gimana Sahabat KuLo, jadinya mau diajakin MinLo kemana dulu nih untuk menikmati wisata kuliner Wonogiri legendaris?

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama