4 Jenis Kuliner di Pasar Klewer Solo, Murah dan Enak!

Bicara tentang Solo, ada sebuah Pasar yang sangat terkenal dan melegenda yakni Pasar Klewer. Walaupun pasar ini memang lebih dikenal sebagai pasar tekstil yang menjadi pusat perbelanjaan batik,tapi ada jenis kuliner khas Solo yang rasanya nendang banget. Dan pastinya, harganya murah lho.Apa saja menu makanan lezat di Pasar Klewer ini? Yuk langsung saja kita simak bersama.


1. Selat Solo

Makanan pertama yang MinLo rekomendasikan di kawasan Pasar Klewer ini adalah Selat Solo. Selat Solo sendiri adalah salah satu makanan khas Solo. Kamu bukan orang Solo sejati kalau belum pernah mengonsumsi makanan ini. Ada kemiripan antara Selat Solo dengan Salad.Bedanya hanyalah pada kuahnya. Kuah selat lebih pekat dengan perpaduan rasa gurih dan manis.

Kalau Sahabat KuLo ingin mencoba Selat Solo yang ada di Pasar Klewer, silahkan saja langsung naik ke lantai 4 dan cari Warung Bu Sasmito. Menu dari Warung Bu Sasmito ini sudah sangat terkenal. Harganya juga cukup murah, hanya 15 ribu saja per porsinya. Sahabat KuLo pasti merasa puas dengan porsinya yang mengenyangkan.
Selat Solo via instagram/@soloinfo


2. Bakso Klewer

 Ada lagi nih, menu kuliner di Pasar Klewer Solo yang MinLo sarankan. Rasanya sedap dan pas dinikmati dalam segala suasana, yaitu Bakso. Sementara warung bakso yang terkenal di wilayah ini adalah Bakso Klewer Prawiroredjo. Satu mangkok bakso terdiri dari beberapa gelinding bakso yang dilengkapi dengan bihun, tahu, sawi, pangsit goreng, potongan daging sapi dan juga babat. Tak heran kalau menu ini terkenal banget dan bikin setiap orang ngiler.
Bakso Prawiroredjo via instagram/@widhaintan

Pemilik warung bakso ini adalah almarhum Pak Prawiroredjo. Tapi sekarang dikelola oleh generasi ketiganya. Rasanya tetap masih bisa dipertahankan dari generasi ke generasi. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi hidangan ini ya.


3. Tengkleng


Salah satu jenis kuliner di Pasar Klewer Solo yang tak boleh ketinggalan adalah Tengkleng Bu Edi.Tengkleng Bu Edi cukup legendaris, sehingga Sahabat KuLo tidak perlu mempertanyakan lagi bagaimana kelezatannya.Uniknya, penyajian Tengkleng ini tidak menggunakan piring, tapi menggunakan daun pisang. Hal tersebut membuat rasa tengkleng lebih nikmat dan lezat karena memiliki aroma daun pisang yang menggugah selera.Apalagi penggunaan daun pisang ini sangat aman dan kesannya tradisional. Sahabat KuLo pun akan merasakan sensasi kenikmatan yang khas dari hidangan Tengkleng Bu Edi ini. Tekstur dagingnya juga sangat empuk dan legit, sehingga tidak akan susah untuk mengunyahnya. Justru semua daging akan lumer di dalam mulut.

Tengkleng Klewer Ibu Edi via instagram/@widjonoahmad


4. Es Dawet

Sekarang ganti menu ke minuman. Tak lengkap rasanya jika MinLo membahas kuliner makanan tanpa minuman. Selain makanan, ternyata ada juga jenis minuman yang terkenal seantero Pasar Klewer ini. Apa lagi kalau bukan dawet? Minuman bersantan dengan isian berupa dawet yang terbuat dari tepung bertekstur seperti jelly ini akan sangat cocok diminum saat cuaca panas. Kalau Sahabat KuLo sedang berbelanja di Pasar Klewer, minuman ini pas sebagai pemulih dahaga.
Dawet Selasih via instagram/@ak3ru

Tapi Es Dawet di Pasar Klewer ini sedikit berbeda dengan dawet kebanyakan. Namanya adalah Es Dawet Selasih. Biasanya Es Dawet tidak menggunakan selasih, tapi es dawet di sini mencampurkan selasih sehingga membuatnya semakin segar. Meskipun cuma gerobakan, minuman ini sangat populer lho. Harganya juga murah meriah, hanya 4.500 rupiah saja.

Sahabat KuLo, jangan lupa mampir dan icip-icip 4 kuliner di Pasar Klewer Solodi atas. Dijamin rasanya tak akan mengecewakan dan harganya nggak akan membuat bangkrut kok.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.