Ini Dia 4 Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari


Sebagai surganya kuliner enak, Solo punya beragam pilihan kuliner mulai dari pagi sampai malam hari. Setiap tempat memiliki tempat makan andalan masing-masing. Selain Pasar Gede yang sudah terkenal sebagai pasar wisata dengan banyak kuliner legendaris, kamu juga perlu mengunjungi Pasar Legi Solo.

Pasar tradisional yang termasuk pasar paling tua di Solo ini menawarkan aneka makanan dan minuman. Jika kamu pernah mengunjungi Pasar legi Solo pada pagi dan siang hari, tidak ada salahnya kamu mengunjungi pasar ini pada malam hari. Berikut ini MinLo sajikan 4 kuliner Pasar Legi Solo di malam hari yang perlu kamu cicipi.


1. Wedang Ronde Pasar Legi

Wedang ronde terkenal sebagai kuliner khas Solo yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kuliner legendaris ini berupa minuman hangat dari jahe dan gula merah. Isian wedang ronde biasanya kacang tanah, roti, dan ronde, yaitu bulatan sebesar kelereng yang rasanya kenyal. Rasanya? Cicipi saja sendiri :)

Wedang ronde termasuk kuliner Pasar Legi Solo di malam hari yang sayang kalau kamu lewatkan. Salah satu penjual wedang ronde yang laris lokasinya di depan Bank CIMB Pasar Legi Solo. Kamu bisa menikmati wedang ronde ini dan menikmati rasa hangat dari jahe yang menjalar ke tubuhmu. Apalagi kalau ditemani sama "de'e", pasti tambah mantap.

Wedang Ronde, Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari ( foto : solo.ngangeni )

2. Soto Berkah Pasar Legi

Kuliner Pasar Legi Solo di malam hari berikutnya yang bisa kamu coba adalah Soto Berkah. Soto Berkah ini merupakan soto dengan irisan daging sapi, bawang goreng, seledri, dan kuah berwarna bening. Disantap masih hangat malam-malam sangat nikmat. Soto Berkah Pasar Legi ini baru buka mulai pukul 11 malam sampai dengan pukul 4 pagi. Jadi, jangan khawatir ya kalau kamu tiba-tiba kelaparan di tengah malam. Langsung meluncur saja ke Soto Berkah Pasar Legi!

Soto Berkah, Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari ( foto : istimewa )

3. Harjo Bestik Pasar Legi

Harjo Bestik Pasar Legi Solo merupakan salah satu warung yang terkenal di Solo. Walaupun hanya warung kaki lima, Harjo Bestik Pasar Legi Solo selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati kelezatan bestiknya. Bestik ini seperti apa sih? Kuliner khas Solo yang satu ini merupakan adaptasi dari kuliner mancanegara yaitu beefsteak. Namun cita rasa dari bestik berbeda dengan beefsteak. kamu perlu mencoba sendiri agar tahu keunikannya. 

Harjo Bestik, Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari (foto : ko.foursquare.com)
Harjo Bestik, Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari ( foto : vkrisnawan )

4. Soto Mbak Ronggeng

Soto Mbak Ronggeng buka mulai jam 10 malam sampai pagi hari. Lokasinya di depan toko kain "Special" Pasar legi Solo. Seperti Soto Berkah, Soto Mbak Ronggeng ini memiliki kuah soto yang bening dengan rasa yang ringan. Isinya irisan daging sapi, tauge, irisan daun seledri, dan bawang goreng. Masyarakat Solo biasanya menikmati soto ini dnegan cara dicampur dengan nasi putih dalam satu mangkok.

Soto Mbak Ronggeng, Kuliner Pasar Legi Solo di Malam Hari ( foto : jajansolo )

Itulah 4 kuliner Pasar Legi Solo di malam hari rekomendasi dari MinLo, miminnya Kuliner Solo, hehe. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir. Rata-rata harga makanan dan minuman di Solo sangat terjangkau. Namun, pastikan kamu menanyakan daftar harga terlebih dahulu sebelum memesan makanan. Hal ini untuk menghindari penjual makanan memberikan harga yang tidak masuk akal. Tidak erlu malu untuk bertanya ya!

Sahabat kuLo sudah coba yang mana? Tulis di kolom komentar ya apa kuliner khas Solo yang paling kamu suka. Selamat berburu kuliner :)








51 komentar:

  1. Mbak Mae,
    Asik nih liat foto-foto 4 kuliner Solonya. Ah sayang saya vegetarian coret jadi hanya bisa coba yang wedang ronde.
    Insyaallah saya akan ke Solo dalam waktu dekat. Request tempat makan vegetarian di Solo ya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan vegetarian di Solo pecel ndeso sama cabuk rambak aja, hehe

      Hapus
  2. Mbak Mae,
    Asik nih liat foto-foto 4 kuliner Solonya. Ah sayang saya vegetarian coret jadi hanya bisa coba yang wedang ronde.
    Insyaallah saya akan ke Solo dalam waktu dekat. Request tempat makan vegetarian di Solo ya. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Harjo Bestik dan Wedang Ronde bikin ngiler. Ah untung baca artikel ini sembari makan. Jadi nggak laper dadakan.

    www.CeritaMaria.com

    BalasHapus
  4. Liat artikel tentang makanan-makanan di Solo kayak gini pas jam makan siang? Haduh... Jadi ngiler banget!

    www.firdaussoeroto.com

    BalasHapus
  5. Penasaran sma bestiknya.. manis ga sih? Orang Solo kan sukanya masak manis2 gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semuanya manis klo kata orang luar Solo mah, nasi padang aja manis, wkwkk

      Hapus
  6. Saya pikir Minlo itu apa gitu, ternyata Mimin Kuliner Solo.
    Setelah ada istilah sahabat Nirmala di blog satunya, di blog ini ada Sahabat KuLo. Bisa aja dah.

    Untuk kuliner di atas, saya pingin nyicipin wedang ronde, karena bisa menghangatkan badan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul. Duh perhatian sekali sampe hafal Sahabat Nirmala juga :D

      Hapus
  7. Aduh foto-fotonya pas malam-malam pula, jadi pengen keluar lagi nih

    BalasHapus
  8. Aaaaak. . Aku penasaran sama Harjo Bestik nya Kak Mae. Harus nyobain nih kalo main ke Solo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang ngangenin banget. Tapi tempatnya seadanya.

      Hapus
  9. Waduh waktu ke Solo belum dapat informasi ini. Kelihatan enak enak nih jajanannya. Mudah mudahan bisa ke Solo lagi dalam waktu dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek www.kulinersoloraya.com dulu pas ke Solo, hihihi

      Hapus
  10. kayaknya seru banget ini buat kulineran di Solo. ngiler sama bistiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya perlu di coba. mampir sini kalau pulang kampung, Mas Achi.

      Hapus
  11. jadi mau cobain semuanyaaaa hahaha..
    makasih mba informatif sekali buat para kulineres

    BalasHapus
  12. Setelah baca langsung laper, memang sih solo terkenal masakannya yang enak sekaligus hemat dikanthong.. haha

    BalasHapus
  13. Aduh jadi ngiler lihatnya. Solo mah surga kuliner setelah Jogja. Jadi ingin kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, klo ke Jogja bisa mampir Solo juga deket.

      Hapus
  14. Ku Lapar dan Kangen Solo jadinya. Semoga ada rezeki ke Solo kembali. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn. Semoga rejekinya selalu lancar yaa

      Hapus
  15. Kubaca artikel ini malam hari dalam kondisi belum makan hiks, nampak enak semua terutama bestiknya, aku belum pernah coba. Dulu pas backpackeran ke Solo, kulineran malamnya di Galabo. Enak, banyak, murah. Semua menu dari sate buntal, tengkleng, selat, timlo , garang asem dicoba masa cuma habis 130-an ribu. Mantul deh Solo mah

    BalasHapus
  16. bistik pasar leginya itu bener-bener menggiurkan dari fotonya aja tapi ya emang aku suka nistik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak enak enak.. bikin sendiri juga bisa sebelum beneran cobain yang di solo

      Hapus
  17. astaga... 3 nomor terakhir kok saya belum... gak bisa nih... harus segeraaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih.. ga bisa dibiarkan nih.. langsung pesen tikeett

      Hapus
  18. Baca tulisan ini di jam 23.23 wib bikin laperrrr. Benerannnn 😂😂

    BalasHapus
  19. Kayaknya aku udah pernah icip kecuali bestiknya. Dan tiba-tiba aku kepingin ronde. Ah sudahlah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri aja kak beni wedang rondenya..

      Hapus
  20. berasa ada disitu baca artikel ini......sampe asep panas rondenya yng ngebul kebayang....

    BalasHapus
  21. Ini kebanyakan soto yah, tapi boleh lah kalo berkunjung ke solo buat diicip.

    BalasHapus
  22. laperrr..
    Ini enak semua, cocok lagi pas musim hujan begini. Makan soto atau bistik, minumnya wedang ronde...Hangaaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo musim hujan sering jadi laper mulu..

      Hapus
  23. Ya ampunnn bacanya pas pagi-pagi belum sarapan langsung krucuk-krucuk perut. Apalagi baca wedang ronde, wangi dan hangatnya langsung menjalar.

    BalasHapus
  24. Wedang ronde...jadi pengen. Ini jangan-jangan soto berkah nya sama kayak yang di Margonda Depok, soto daging sapi mangkok kecil sih, 5ribu saja.hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah di Jakarta juga 5 ribu ya? murah banget

      Hapus
  25. aku jd laper loh kak...
    hiks.. jauh dr solo nih
    ntar deh kalo ke solo makan di situ
    https://helloinez.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan dulu aja yang ada kak.. jangan nungguin ke Solo baru makan.

      Hapus
  26. Duh sedih belum pernah ke solo.. padahal makanan solo menggoda iman banget bikin pengen ngicip

    BalasHapus
  27. Belum pernah ke Solo dan langsung tertarik sama wedang rondenya. Hmm kapan-kapan kalau aku ke Solo, mau minta rekomendasi kuliner ke Kak Mae ah :)

    BalasHapus

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.