Soto Girin yang Legendaris di Sragen

Soto Girin, Kuliner Sragen yang Legendaris (foto : kyirfano)
Soto merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Berbagai daerah memiliki kuliner soto dengan versi yang berbeda-beda. Ada yang kuahnya bening, cokelat, kuning, dan merah. Kalau kamu ke Sragen, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Sragen seperti botok mercon dan pecel tumpang. Selain itu, Soto Girin yang legendaris di Sragen juga sayang kalau dilewatkan loo.


Mencicipi Soto Girin Khas Sragen

Soto merupakan kuliner yang sudah umum di Sragen. Nama Girin sendiri merupakan nama pemilik kedai soto yang berdiri sejak tahun 1953. Sampai saat ini, RM Soto Girin masih eksis dan menjadi destinasi wisata kuliner di Sragen. Tidak heran jika rumah makan ini selalu ramai, terutama saat musim liburan dan hari raya.

Soto Girin yang Legendaris di Sragen (foto : sasmitaedo)

Dalam semangkuk Soto Girin, kuah kaldu panas akan menguarkan aroma rempah yang sedap. Irisan daging sapi, tauge, daun seledri, dan bawang goreng menjadi kombinasi yang harmonis di kuliner khas Sragen ini. Nasi putih disajikan sebagai dasar di mangkuk, sebelum kuah soto dituangkan. Kamu bisa menambahkan sambal, kecap, dan jeruk nipis sesuai selera. Pendamping menu Soto Girin khas Sragen ini juga tersedia di meja. Ada tahu, tempe, paru goreng, dan menu lainnya.

Soto Girin yang Legendaris di Sragen (foto : handy_mulya)

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, kenapa rasa kuah Soto Girin terasa berbeda dengan soto di tempat lain. Ada rasa sedap yang sukar dilukiskan. Suatu keunikan yang jarang bisa dicecap lidah. Inilah salah satu rahasianya. Sampai saat ini, Soto Girin kuliner khas Sragen masih mempertahankan cara memasak yang tradisional menggunakan tungku kayu bakar. Walaupun terlihat lebih ribet, tapi aroma khas yang dihasilkan menjadi lebih spesial.

Cara Masak Tradisional di Soto Girin Kuliner Sragen (foto : ratihjanis dan habibiea)

Lokasi Soto Girin Kuliner Sragen

Tidak sulit untuk menuju lokasi RM Soto Girin, karena kuliner khas Sragen ini terletak di jalan utama Kabupaten Sragen. Yup, RM Soto Girin ada di Jalan Raya Sukowati. Kamu dapat menggunakan aplikasi peta online untuk memperoleh petunjuk arah dari lokasi tempatmu berada.


RM. SOTO GIRIN SRAGEN
Alamat: Jl. Raya Sukowati, Dusun Kebayanan Sragen Manggis, 
Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57214
Jam buka: 04.00 - 20.00
Telepon: 0858-6748-7959

2 komentar:

  1. Noted deh.

    Harus mampir kalau ke Sragen

    Emang rata2 makanan yang dimasak pakai tungku itu lebih enak ya :)

    BalasHapus
  2. Hemzz penasaran nih sama soto girin.
    Gimana ya rasanya, pasti enak banget..

    Salam : konten gaptek

    BalasHapus

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.