Sensasi Kuliner Khas Jawa Timur Ini Dijamin Bikin Lidahmu Bergoyang


Masing-masing daerah pasti memiliki kuliner khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satunya adalah Jawa Timur. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini memiliki puluhan kuliner khas Jawa Timur yang harus banget kamu cicipi saat ke sana. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari ibukota, biaya menuju provinsi ini juga lumayan terjangkau. Kamu bisa cari tiket pesawat murah dari berbagai maskapai untuk menuju ke sini. 

Meski mungkin makanan berikut bisa kamu dapatkan di kota kamu, tapi kamu jamin rasanya akan berbeda jika kamu makan langsung di tempat aslinya. Kalau kamu sudah cari tiket pesawat murah menuju Jawa Timur, pastikan untuk merasakan makanan berikut ini ya.

Rujak Cingur

Rujak cingur kuliner khas Jawa Timur (foto : Negeriku Indonesia)

Kalau makanan yang satu ini, rasanya pasti sudah jelas berbeda jika dijual di kota lain. Sebagai informasi untuk kamu yang belum pernah mencobanya, cingur dalam bahasa Indonesia artinya adalah mulut sapi. Jadi ada mulut sapi tersaji bersama sayur-sayuran dan buah yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang pedas. Meski terdengar agak aneh, rasa dari makanan ini luar biasa enak lho. Cobain deh kalau main ke Jawa Timur.

Lontong Balap

Lontong Balap kuliner khas Jawa Timur (foto :  Hard Rock FM)

Makanan khas Surabaya ini memiliki latar belakang cerita yang cukup unik. Disebut lontong balap karena konon katanya pada dahulu kala para penjual lontong ini saling berebut pembeli dan balapan untuk menuju Wonokromo. Lontong balap terdiri dari lontong, tahu, lentho, dan juga kecambah setengah matang. Biasanya lonton balap disajikan dengan sate kerang yang semakin membuat selera makan naik.

Nasi Krawu

Nasi Krawu kuliner khas Jawa Timur (foto : inews.id)

Nasi khas kota Gresik ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan bikin ketagihan. Bagaimana tidak, biasanya Nasi Krawu akan disajikan di atas daun pisang disertai lauk pendamping yang banyak. Lauk tersebut di antaranya adalah daging sapi yang diiris tipis, jeroan sapi, serundeng, dan juga sambal terasi yang membuat rasa semakin mantap.

Rujak Soto

Rujak Soto kuliner khas Jawa Timur (foto : IndonesiaKaya.com)

Bagi sebagian besar orang mungkin masih merasa aneh dengan makanan ini. Makanan khas Banyuwangi ini memiliki rasa unik yakni perpaduan antara rujak yang kemudian disiram dengan kuah soto. Meski di beberapa kota sudah banyak yang menjualnya, namun rasanya tetap jauh berbeda jika kamu datang langsung ke Banyuwangi.

Bakso Malang

Bakso Malang kuliner khas Jawa Timur (foto : Resep Harian)

Tentu saja Bakso Malang harus masuk ke dalam daftar ini. Cita rasa bakso yang sudah terkenal seantero Indonesia ini memang tiada duanya. Di Malang, ada banyak sekali varian bakso yang bisa kamu cicipi. Ada juga bakso bakar dengan bumbu pedas manis yang rasanya tak bisa diganggu gugat lagi.


Masih ada banyak sekali kuliner khas Jawa Timur yang belum tersampaikan di sini. Kamu akan dimanjakan oleh berbagai kelezatan kuliner yang beraneka ragam. Jadi, tunggu apa lagi! Langsung saja cari tiket pesawat murah menuju Provinsi ini dan selamat menikmati puluhan kuliner yang selalu menggoda selera kamu. 

2 komentar:

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.