4 Tempat Kuliner Gudeg Solo Paling Laris, Rasanya Lezat!


Gudeg memang merupakan makanan khas asli dari Jogjakarta.Tapi Sahabat KuLo bisa menemukannya di Solo. Ada beberapa spot kuliner gudeg Solo paling laris dan menggugah selera. Jika ciri khas Gudeg Jogja rasanya manis, di Solo tidak terlalu manis.Sahabat KuLobisa menemukan Gudeg enak Solo di beberapa tempat berikut ini.

1.    Gudeg Ceker Bu Yati
Warung Gudeg pertama yang MinLo sarankan untuk kamu adalah Gudeg Ceker Bu Yati.Lokasi mangkalnya ada di Jalan Ronggowarsito, daerah Keprabon, Solo. Warung Bu Yati ini mulai buka dari jam 6 sore dan menjajakan beraneka macam menu Gudeg yang bikin ngiler. Walaupun dasarnya sama, tapi sebenarnya Gudeg Jogja dan Gudeg Solo mempunyai sedikit perbedaan. Terutama dari segi rasanya.
Gudeg Ceker Bu Yati, Solo via instagram/@kulinerjogja


Makanan-makanan khas Jogja terkenal dengan rasanya yang cenderung manis, termasuk Gudeg. Tapi untuk gudeg-gudeg lain yang dijual di Solo tidak begitu menonjolkan rasa manis. Justru lebih ke gurih dan sedikit pedas.Gudeg Bu Yati ini menyajikan ceker atau kaki ayam sebagai lauknya. Selain itu, masih ada pilihan lauk lain berupa babat, uritan maupun sate telur.

2.      
    Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
Satu lagi menu kuliner Gudeg Solo paling laris yang menambahkan ceker di sajiannya, yaitu dari warung Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno.Mungkin ada beberapa Sahabat KuLo yang tidak doyan ceker, tapi kalau pengolahannya benar, ceker mempunyai tekstur yang lembut dan empuk.Dagingnya juga bertekstur kenyal.Tidak heran kalau ceker ini salah satu bagian Ayam terfavorit.
Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno via instagram/@agusiagus


Kalau Sahabat KuLo kebetulan sedang jalan-jalan atau tinggal di daerah Jalan Monginsidi, jangan lupa mampir ke Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno. Di dalam satu porsi Gudeg, kamu akan mendapatkan nasi hangat yang dilengkapi dengan berbagai lauk pauk seperti ceker, krecek (kulit sapi), ati ampela dan juga krupuk. Tapi jangan datang ke sini di siang hari, karena warung Gudeg Bu Kasno hanya buka pada waktu malam hari.
Gudeg Ceker Margoyudan via instagram/@jlkurniawan



3.      Gudeg Mbak Yus
Kalau mau coba menu Gudeg yang agak berbeda dari biasanya, Sahabat KuLo bisa datang ke warung Gudeg Mbak Yus yang ada di daerah RA Kartini, Timuran, Banjarsari.Mengapa menunya agak berbeda? Karena di tempat ini kamu tidak akan mendapatkan nasi. Sebagai gantinya adalah lontong.Cukup jarang penjual Gudeg yang menggunakan lontong.Tapi rasanya sama sekali tidak berubah. Tetap enak dan nagih.
Gudeg Mbak Yus, Solo via instagram/@lellyerika119


Keistimewaan lain menu Gudeg Mbak Yus ini adalah siraman kuah opor ayam yang semakin membuat rasa Gudeg lebih segar dan gurih. Sahabat KuLo juga bisa minta request tambahan lauk seperti ceker pedas atau uritan.Dijamin kamu bakalan nambah setelah makan di sini.


4.      Gudeg Bu Mari
Terakhir, kuliner Gudeg Solo paling laris yang MinLorekomendasikan adalah warung Gudeg Bu Mari.Hebatnya, tempat ini adalah warung pertama yang menjajakan menu Gudeg di Solo dan sampai sekarang masih bertahan dengan banyaknya pelanggan setia.Dalam satu porsi menu ini terdapat nasi hangat, gudeg, tahu kulit, tahu putih, ayam, telur dan krecek. Sajian yang sangat lengkap kan?
Gudeg Bu Mari via instagram/@tahufix


Selain nasi, Sahabat KuLo juga bisa merasakan menu bubur lemu yang tak kalah nendang.Bubur ini dibuat dengan campuran santan yang gurih.Penyajiannya pun juga masih dengan Gudeg.Bisa bayangkan dong nikmatnya bubur lemu yang gurih dipadu dengan Gudeg dan aneka lauknya?Silahkan langsung saja datang ke Jalan Gatot Subroto untuk menikmatinya.

Bagaimana?Tertarik dengan salah satu atau keempat tempat kuliner Gudeg Solo paling laris?Datangi saja satu per satu supaya Sahabat KuLo bisa merasakan ciri khas berbeda dari setiap tempat.Yang jelas, semuanya sama-sama menggiurkan kok.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.