5 Warung Penjual Tengkleng Paling Enak di Solo




Tengkleng adalah salah satu makanan khas dari Solo. Bahan utamanya dari tulang kambing yang masih tersisa tetelan-tetelan daging. Tengkleng menjadi makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Ada beberapa tempat yang menjual tengkleng paling enak di Solo. Sahabat KuLo mau tahu di mana saja? Berikut ini MinLo berikan referensinya sehingga kamu bisa menikmati sajian kuliner yang lezat ini.


1. Tengkleng Klewer Bu Edi

foto : tentangsolo

Warung makan yang menjual tengkleng dengan cita rasa yang khas dan lezat adalah TengklengKlewer Bu Edi.Lokasinya ada di Pasar Klewer, Kauman, Solo.Pasar Klewer memang terkenal sebagai pusat batik, tapi ternyata ada kuliner lezat tersembunyi di dalamnya.Tengkleng Bu Edi ini dapat Sahabat KuLo nikmati dari jam setengah 1 siang sampai jam 4 sore saja.


foto : travelingyuk.com
Penyajiannya pun cukup unik.Sahabat KuLo tidak akan mendapatkan piring, melainkan daun pisang yang dipincuk sebagai tempat makanannya. Penyajian yang unik ini justru menambah kelezatan tengkleng yang harganya dibanderol sebesar 25 ribu rupiah saja.


2. Tengkleng Mbak Diah

foto : javafoodie

Sekarang beralih ke daerah Kwarasan, Grogol, Kota Solo.Di sini juga ada warung yang menjual tengkleng terenak, yaitu Tengkleng Mbak Diah. Tempat ini dinilai sangat istimewa, karena sudah menjadi langganan dari mantan Presiden RI, Bapak Soeharto. Pastinya Sahabat KuLo penasaran kan dengan cita rasa tengklengnya?


foto : travelingyuk.com

Kalau memang penasaran, warung ini buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Menu yang ditawarkan pun tidak cuma tengkleng, tapi ada gulai, tongseng, dan sate kambing. Sedangkan sajian tengklengnya sendiri juga spesial, yaitu tengkleng kepala kambing. Harga semua menunya mulai dari 25 ribu – 75 ribu saja.



3.  Tengkleng Solo Bu Jito

foto : titi_marta


Ada beberapa orang yang tidak suka dengan tengkleng karena bau prengus kambing yang masih menusuk hidung. Padahal sebenarnya hidangan ini sangat gurih dan bikin nagih.Tapi, Sahabat KuLo tidak akan menjumpai tengkleng berbau prengus di Tengkleng Solo Bu Jito ini. Rasa rempah-rempahnya yang dominan mampu mengusir bau prengus kambing.Kuahnya pun mirip dengan gulai, tapi lebih encer.


foto : tengklengsolo.com

Tempat ini berada di Jalan Kolonel Sugiono No. 67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo. Range harganya sendiri mulai dari 20 ribu saja. Sangat murah bukan untuk ukuran tengkleng?


4. Tengkleng Bu Pon

foto : soloindonesia


Berikutnya tempat yang MinLorekomendasikan adalah Tengkleng Bu Pon yang ada di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Solo. Tempat yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang ini menyajikan menu tengkleng yang beraneka ragam. Ada bagian iga, sumsum dan jeroan kepala kambing yang sudah berbentuk sate.


foto : teshaputri1433

Kuah yang segar dari tengkleng ini dicampur dengan cabe rawit dan akan menambah cita rasanya. Sahabat KuLoakan merasakan sensasi pedas yang menggugah selera. Dijamin ketagihan dan ingin nambah terus deh.


5. Tengkleng Pak Manto

foto : satekambingpakmanto

Terakhir, ada tengkleng terenak di Solo dari Pak Manto.Tempat ini menyediakan menu tengkleng yang lebih spesial dari yang lainnya. Sang pemilik menambahkan bumbu rica-rica yang membuat rasa tengkleng semakin berwarna dan sedap. Sehingga tempat ini lebih dikenal dengan tengkleng rica.




foto : maulidiamulyani

Berada di Jalan Honggowoso 36, Laweyan, Solo, Tengkleng PakManto memiliki kisaran harga 30 ribu – 50 ribu saja. Cukup terjangkau, karena Sahabat KuLo bisa memesan menu lainnya berupa sate kambing, gulai kambing, sate buntel dan olahan lainnya dari daging kambing. Warung ini buka dari jam setengah 7 pagi hingga 9 malam.

Mencicipi aneka tengkleng paling enak di Solo menjadi kebanggaan tersendiri. Di samping dapat menikmati kelezatannya, Sahabat KuLo juga sudah berperan dalam melestarikan makanan khas ini.



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.