4 Jajanan Unik di Solo yang Menggiurkan




Mau tahu apa saja jenis jajanan Solo yang unik dan menggiurkan? Berikut akan MinLojabarkan.

 1.  Balung Kethek

foto : ecs7.tokopedia.net

Apa yang Sahabat KuLo pikirkan pertama kali setelah mendengar nama jajanan unik ini? Pasti yang terbayang adalah monyet-monyet kan? Karena istilah Balung Kethek kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya adalah tulang monyet. Bagaimana bisa ada makanan bernama tulang monyet?Jangan khawatir Sahabat KuLo.Jajanan ini tidak terbuat dari tulang monyet kok. Ini hanya istilah saja.

Makanan aslinya terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis berbentuk memanjang seperti balok, lalu digoreng sampai garing. Setelah digoreng, jajanan ini memang mirip dengan tulang. Tapi entah darimana asalnya menggunakan kata monyet. Jajanan ini tersedia dalam dua variasi, yaitu pedas manis dan gurih. Sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehari-hari di rumah.



2. Mata Maling

foto : img-global.cpcdn.com

Makanan yang kedua adalah Mata Maling. Nah lho, pasti Sahabat KuLomemutar otak lagi setelah mendengar nama makanan ini kan? Memang sangat unik ya, tapi Mata Maling bukanlah mata maling dalam arti sesungguhnya.Bahan utama makanan ini adalah dari Mlinjo. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Mlinjo, ini adalah buah dari Pohon So yang biasanya dibuat menjadi keripik Emping. Mlinjo berbentuk lonjong kecil dan kalau sudah matang warnanya merah.

Mungkin dinamakan Mata Maling karena terinspirasi dari bentuk Mlinjo yang mirip dengan mata, lalu berwarna merah seperti mata maling. Di samping namanya yang unik, makanan ini mempunyai rasa perpaduan antara pedas dan manis. Cara membuatnya adalah dengan menumisnya memakai bawang putih, cabai dan ditaburi garam agar rasanya lebih gurih.



3. Semar Mendem

foto : img-global.cpcdn.com

Mungkin sebagian Sahabat KuLo pernah mendengar nama jajanan ini. MinLo pribadi sangat suka lho dengan Semar Mendem.Istilah Semar Mendem diambil dari salah satu tokoh punakawan yang bernama Semar.Lalu Mendem dalam bahasa Jawa artinya adalah mabuk. Namun, jajanan ini tidak bikin mabuk kok.Paling hanya bikin ketagihan saja.

Pada dasarnya, Semar Mendem adalah sejenis jajanan Lemper. Yaitu terbuat dari ketan yang berisi suwiran ayam gurih.Bedanya, Semar Mendem ini tidak memakai daun pisang sebagai bungkus.Melainkan kulit yang dibuat dari campuran tepung terigu dan telur yang membalut seluruh ketan. Rasanya tentu lebih nikmat dengan balutan kulit tersebut.



4. Sate Kere

foto : 2.bp.blogspot.com

Terakhir, jajanan unik di Solo yang sayang untuk dilewatkan adalah Sate Kere. Makanan jenis apa lagi ini? Kere dalam bahasa Jawa berarti miskin.Tapi Sate Kere ini bukan berarti dimakan untuk orang miskin.Hal ini berkaitan dengan bahan yang digunakan. Biasanya sajian sate berupa daging ayam, kambing, sosis, dan sebagainya. Sedangkan Sate Kere ini menggunakan Gembus sebagai bahan pengganti daging.

Gembus atau Tempe Gembus adalah olahan dari kedelai.Kasarannya, Gembus terbuat dari ampas tahu. Meskipun begitu, wujudnya hampir sama dengan tempe biasa, tapi teksturnya berbeda. Tidak sedikit kok yang menggemari Gembus sebagai lauk atau jajanan dalam bentuk gorengan.

Namun kali ini berbeda, karena disajikan dalam bentuk sate. Pertama-tama Gembus ini akan diolah menjadi bacem. Setelah itu, dibakar seperti sate biasa dan dilumuri saus kacang yang manis dan gurih. Tampilan Sate Kere setelah matang pun mirip dengan daging.

Ternyata cukup banyak ya jajanan unik di Solo. Sahabat KuLo, jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya. Siapa tahu, suatu saat semua jajanan tersebut popularitasnyabisa semakin meningkat sampai ke luar daerah.



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.